Membentuk Karakter Anak

 


Membentuk Karakter Anak

            Etika dan moral (Akhlak) anak saat ini perlu mendapat perhatian khusus bagi orang tua, sekolah dan masyarakat. Moral anak-anak merupakan suatu aset dan modal yang sangat penting dan berpengaruh bagi bangsanya. Apabila akhlak anak bangsanya tidak baik maka akan berdampak bagi perkembangan dan pertumbuhan bangsanya.

            Sekolah menjadi garda terdepan dalam membentuk akhlak anak. Sekolah diharapkan mampu meningkatkan kualitas hidup peserta didik bukan semata-mata diukur dari angka-angka namun juga dari karakter, sikap dan cara berpikir mereka. Mereka tidak hanya mampu dalam membaca dan menghitung, melainkan mereka diharapkan mampu menganalisa persoalan-persoalan hidup kedepan sehingga anak-anak dapat mempertanggung-jawabkan segala keputusan yang diambil demi kehidupan mereka.

            Sekolah harus menjadi partner anak-anak untuk membangun mentalitas mereka menjadi kuat dan matang dalam berkehidupan. Sekolah tidak hanya menanamkan tentang ilmu pengetahuan melainkan mengajarkan dan membuat perubahan-perubahan pola berpikir kita menjadi lebih berguna. Dengan sekolah, kita belajar bahwa sesungguhnya kita dapat berpikir dan memilah mana yang baik dan mana yang buruk. Belajar tidak hanya sekedar teori, berkenalan dengan kertas, menghitung dan mneggambar. Akan tetapi, berpikir secara terbuka dan melihat sesuatu dari sudut pandang yang berbeda merupakan kunci utamanya.




            Jadi kesimpulannya adalah pendidikan karakter menjadi harapan dan impian tidak hanya bagi sebagian individu saja, melainkan bagi bangsa dan seluruh lapisan masyarakat. Hal ini akan mewujudkan cita-cita bangsa Indonesia untuk menciptakan generasi penerus dan penggerak bangsa yang mempunyai kepribadian serta moral yang baik. 



Komentar

Postingan populer dari blog ini

Profil SDN 1 Nglandeyan